Aplikasi SEO off page

10 Rekomendasi Aplikasi SEO Off Page 2024

Dalam memaksimalkan traffic sebuah situs, Anda dapat menggunakan teknik SEO. Di dalam teknik SEO, terdapat dua jenis optimasi yang salah satunya adalah SEO Off Page. Apakah pengertian dari SEO Off Page apa saja aplikasi SEO Off Page yang dapat membantu situs Anda?

Untuk lebih mengenal tentang SEO Off Page, Anda perlu mengetahui pengertiannya, cara membuatnya, serta macam-macam aplikasinya. Berikut sekilas pengenalan mengenai SEO Off Page.

Sekilas Tentang SEO Off Page

SEO Off Page adalah sebuah langkah atau proses optimalisasi website yang di lakukan oleh pemilik situs dari luar website utama. Pengoptimalan yang di lakukan secara Off Page akan melibatkan faktor-faktor eksternal.

Aplikasi SEO off page

SEO Off Page memiliki banyak macamnya dengan istilah dalam seo dengan tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan optimasi situs. Berikut beberapa cara membuat SEO Off Page yang umum di gunakan saat ini.

  • Penggunaan ads/iklan berbayar di search engine
  • RSS feeds
  • Memposting situs di sebuah forum
  • Memberi komentar terkait situs di sebuah postingan
  • Membuat sosial media situs
  • Membuat press release.
  • Listing bisnis (untuk perusahaan tertentu)
  • Menggunakan jasa endorsement

Rekomendasi Aplikasi SEO Off Page

Beberapa perusahaan aplikasi membuat SEO tools. SEO tools adalah aplikasi pendukung dan analisis SEO Off Page dengan beragam fitur di dalamnya. Berikut rekomendasi aplikasi SEO Off Page yang cocok untuk Anda gunakan dalam optimasi situs.

1. Google Search Console

Dengan tools ini, Anda dapat memantau analisis dari situs yang Anda miliki pada search engine Google. Tools gratis milik Google ini akan menampilkan grafik dan data-data sesuai dengan situs yang Anda cari.

Baca Juga :   Jenis-Jenis SEO, Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Dengan tools tersebut, Anda dapat mencari keyword trending, asal pengunjung Anda, dan halaman yang sedang trending.

Google Search Console dapat terhubung dengan berbagai metode verifikasi, seperti HTML, HTML tag, domain name, dan Google Analytics. Anda cukup membuka search.google.com/search-console untuk mulai bekerja dengan tools ini.

2. SEMRush

Tools atau aplikasi selanjutnya adalah SEMRush yang dapat membantu Anda untuk mengoptimasi website Anda. SEMRush memiliki fitur untuk melihat pay per click hingga content marketing. Beberapa layanan lain yang dimiliki tools ini adalah sebagai berikut.

  • Keyword
  • Backlink
  • Organic search domains
  • Anchor link
  • Ads

SEMRush memiliki manfaat, seperti membandingkan website Anda dengan website lain, memahami traffic, dan mengerti kinerja website Anda. SEMRush membanderol harga layanannya mulai dari $99 per bulan.

3. Varvy’s SEO Overview Tool

Tools satu ini memiliki kinerja cepat dalam menganalisis website Anda dan fokus pada faktor-faktor yang ada pada sebuah website. Meski begitu, pengguna dapat dengan mudah menggunakan tools ini dikarenakan analisis yang mudah dibaca dan dimengerti.

Keistimewaan lain dari Varvy’s SEO Overview adalah fitur Image SEO, dimana Anda dapat melihat analisa dari gambar yang Anda sematkan. Analisis gambar mencakup gambar itu sendiri dan juga alt text yang menyertainya. Tools ini gratis dengan optimasi pada Google.

istilah dalam SEO

4. MOZ Pro Tools

Sesuai dengan namanya, MOZ merupakan tools professional yang dapat membantu Anda. Anda dapat mencari saran keyword sesuai dengan negara, sehingga Anda tahu pasar yang sedang Anda tuju. MOZ Pro dapat membantu Anda mengoptimasi website dan traffic-nya dengan fitur yang ada.

Keunikan lain dari MOZ Pro adalah fitur untuk melacak ranking website. Selain itu, juga ada fitur untuk mencari saran link sekaligus metrik yang ada di dalamnya.

Untuk mulai menggunakan MOZ Pro, Anda dapat berlangganan dengan harga $99 per bulan dengan masa percobaan selama 30 hari gratis.

Baca Juga :   Google Keyword Planner : Cara dan Tips Penggunaannya

5. Schema Pro

Schema Pro merupakan tools yang sangat unik dimana Anda dapat mengerti skema website dari berbagai jenis konten website tersebut. Anda akan dibantu untuk menentukan schema yang tepat sesuai jenis konten yang ada dalam website Anda.

Schema Pro akan bekerja menganalisis skema dari website-website yang muncul pada search engine Google. Setelah itu, skema terbaik akan dijadikan referensi untuk Anda bekerja pada website Anda sendiri.

Fitur-fitur yang terdapat dalam Schema Pro sangat banyak, mulai dari plugin, live schema testing, articles guidelines, dll.

Untuk berlangganan Schema Pro, Anda cukup mengeluarkan biaya $79 per tahun. Anda juga dapat membeli layanan bayar sekali seumur hidup dengan harga $249 saja.

6. QuickSprout Website Analyzer

Tools ini berguna untuk menganalisis website Anda dengan hanya memasukkan alamat situsnya saja. Quicksprout adalah salah satu pencari best landing page terbaik dengan serangkaian tes yang sudah di persiapkan untuk Anda.

Tentunya Anda tidak perlu merasa khawatir, karena tools tersebut menyediakan panduan untuk pemula yang ingin memulai.

Fitur umum yang terdapat pada tools Quicksprout antara lain analisis kecepatan website, analisis SEO, backlink, analisis kata kunci, dll. Tools ini adalah tools terbaik untuk pemberian saran seputar SEO kepada Anda secara rinci dan mudah.

7. Screaming Frog SEO Spider

Jika Anda adalah seorang digital marketer, maka tools satu ini sangat cocok untuk Anda. Screaming Frog SEO Spider ini adalah sebuah website crawler yang dapat membantu Anda dalam SEO. Cara yang di gunakan adalah dengan mengekstrak data dan menganalisis sesuai dengan kaidah SEO.

Anda dapat menganalisis judul laman website dan meta data, menemukan konten ganda, crawl sesuai website JavaScript, dan menjadwalkan audit. Tools ini terintegrasi dengan Google Analytics, Google Search Console, dan PageSpeed Insight.

Baca Juga :   Kenali Apa Itu Google Trends Beserta Layanan dan Cara Penggunaannya

Tools ini juga di gunakan oleh perusahaan besar seperti Google, Apple.inc, Disney, Amazon, dll. Untuk mendapatkan keseluruhan fitur yang ada, Anda dapat berlangganan dengan harga £149 per tahun.

Google keyword planner

8. HubSpot’s Website Grader

Tools aplikasi selanjutnya bernama Website Grader buatan HubSpot. Tools ini membantu Anda dalam mengukur dan menganalisis halaman-halaman website dan memastikan apakah laman website dapat diakses melalui perangkat mobile. Juga membantu dalam optimasi SEO.

Website ini bekerja dengan cara mencari alamat url website Anda dan mulai tracking laman yang Anda masukkan. Skor akan keluar dan banyak saran yang akan Anda dapatkan sesuai dengan kekurangan dari website Anda.

Untuk mengoptimasi laman website Anda dengan bantuan tools ini dapat di lakukan dengan menggunakan 14 hari masa percobaan gratis. Layanan selanjutnya akan dikenai tarif yang telah ditentukan.

9. SEO Report Card

Tools ini bekerja hampir mirip dengan Website Grader di atas. Setelah memasukkan alamat website, Anda akan mendapatkan hasil analisis yang telah di lakukan secara canggih oleh tools ini. Selain itu Anda juga dapat membandingkannya secara langsung dengan website kompetitor.

Fitur yang ada di dalam tools ini antara lain dapat menunjukkan posisi website Anda pada search engine terpopuler. Anda juga diberi tahu website mana yang menggunakan backlink alamat website Anda.

Laporan indeksasi laman website, kecepatan loading laman, dan reliability website juga Anda dapatkan.

10. Robot.txt Generator

Rekomendasi aplikasi terakhir ini dapat membantu Anda dalam indeksasi website. Beberapa tools lain membutuhkan izin Anda untuk menggunakan tools ini. Karena tools ini sangat rinci dan mengakar dalam mengumpulkan data website Anda.

Tools-tools aplikasi SEO Off Page di atas dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang Anda miliki. Masing-masing tools memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus Anda perhatikan sebelum Anda gunakan.

Scroll to Top