Google keyword planner

Google Keyword Planner : Cara dan Tips Penggunaannya

Bila Anda sedang mencari alat atau tools yang bisa dimanfaatkan untuk mencari kata kunci konten internet. Maka, Google Keyword Planner bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi Anda. Tools buatan Google ini memiliki berbagai fitur yang menarik.

Fitur-fitur yang menarik ini, pastinya akan membantu Anda dalam menemukan kata kunci yang tepat. Sehingga, konten dan promosi Anda bisa memenangkan persaingan di mesin pencari Google. Jadi, Anda bisa membuat konten yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bahkan, Anda bisa menggunakan keyword tools ini secara gratis. Karena itu, pada pembahasan kali ini, Anda akan diajak untuk mengenal tools satu ini untuk meningkatkan performa konten Anda.

Mengenal Google Keyword Planner

Jadi, apa itu Google Keyword Planner?  Secara sederhana, Google Keyword Planner adalah suatu alat untuk membuat perencanaan kata kunci. Perencanaan kata kunci yang dimaksud ini mulai dari riset, penentuan, sampai bid dari kata kunci itu sendiri.

Tools satu ini pada awalnya dibuat untuk menyesuaikan kebutuhan konten Google Ads. Jadi, memang diharapkan lebih compatible dengan hasil pencarian yang ada di Google. Namun, seiring dengan perkembangannya.

Google keyword planner

Penggunaan tools ini tidak hanya terbatas pada pembuatan konten Google Ads saja. Namun, juga bisa digunakan untuk keperluan konten yang lainnya. Anda tidak perlu memasang iklan Google Ads terlebih dahulu untuk menikmati fitur dan fasilitas dari tools ini.

Namun, karena merupakan tools keluaran Google. Anda yang ingin menggunakan tools ini harus setidaknya memiliki akun Gmail untuk mendaftar dan memperoleh akses.

Baca Juga :   SEO Difficulty Adalah? Pemilik Website Harus Tahu

Cara Membuat Akun Google Keyword Planner

Pada pembahasan sebelumnya, Anda bisa mengetahui bahwa setidaknya Anda harus memiliki akun Gmail untuk menggunakan tools ini. Jika, Anda memang sudah memiliki akun Gmail, Anda tinggal melakukan pendaftaran akun pada keyword tool satu ini.

Berikut adalah cara untuk melakukan pendaftaran akun pada tools keyword satu ini.

  • Buka Layanan Google Ads, kemudian pilih opsi Keyword Planner.
  • Pilih opsi untuk membuat akun baru atau New Google Ads Account.
  • Isi tujuan Anda dalam penggunaan Google Ads.
  • Masukkan mengenai informasi bisnis yang Anda Jalankan.
  • Masukkan informasi mengenai jangkauan konsumen dari bisnis yang di dirikan.
  • Pilih target pencarian iklan yang di inginkan.
  • Tentukan headline dan deskripsi yang akan di pajang.
  • Pilih range biaya tau budget yang bisa Anda siapkan.
  • Pastikan semua sudah sesuai dengan keinginan pada bagian review.
  • Selesaikan pembayaran dari iklan yang sudah di kehendaki sebelumnya.

Itulah cara untuk mendaftar tools ini, memang Anda harus membuat akun pada Google Ads untuk menggunakannya. Namun, Anda tidak harus mengirimkan iklan yang Anda inginkan di Google Ads.

Anda, bisa memasukkan bentuk konten lain pada tools ini dan memeriksanya. Tanpa perlu di hubungkan langsung dengan Google Ads. Namun, jika Anda memang ingin melakukan promosi di platform Google Ads.

Maka, keyword tool free ini bisa menjadi pilihan yang terbaik. Karena, ada akses cepat yang membuat konten Anda langsung masuk ke dalam daftar posting Google Ads.

Penggunaan Google Keyword Planner

Ada dua mode penggunaan dalam produk Google ini dalam menentukan kata kunci yang terbaik untuk Anda. Pertama adalah pencarian kata kunci baru, pada mode pencarian ini, Anda benar-benar akan memperoleh kata kunci baru yang berkaitan dengan niche Anda.

Baca Juga :   Penjelasan Lengkap Tentang apa itu SEO dan SEM

Sedangkan, mode penggunaan kedua adalah untuk mencari dan mengetahui volume pencarian yang di dapatkan sebuah keyword. Serta, perkiraannya jika keyword tersebut di gunakan kembali.

1. Mode Temukan Kata Kunci Baru

Pada pembahasan sebelumnya, Anda mengetahui ada dua mode penggunaan dari tool satu ini. Mode yang akan dibahas pertama kali adalah mode untuk menemukan kata baru. Mode ini memang di gunakan untuk menemukan keyword-keyword turunan dari keyword yang utama.

Berikut cara untuk menggunakan mode Temukan Kata Kunci Baru pada Google Keyword Planner.

  • Buka akun Google Ads Anda.
  • Pilih opsi ‘Temukan Kata Baru’ atau ‘Discover New Keyword”.
  • Masukkan kata kunci utama yang ingin Anda riset dan telusuri.
  • Klik pada tombol ‘Get Result’.
  • Tunggu sampai proses pencarian selesai di lakukan.

Google Planner Keyword akan menampilkan maksimal 10 keyword yang berhubungan dengan keyword yang utama. Jumlah ini merupakan jumlah maksimal yang bisa di dapatkan dari satu kali proses riset.

2. Mode Mencari Volume Pencarian dan Perkiraan

Cara kedua adalah dengan menggunakan mode mencari volume pencarian dan perkiraan. Tidak seperti mode sebelumnya, di mana anda bisa menemukan berbagai kata kunci yang terbilang baru.

Pada mode ini yang akan diriset adalah kata kunci-kata kunci yang sudah ada. Cara menggunakan layanan ini juga sangatlah mudah. Berikut cara melakukannya untuk menggunakan mode ini.

  • Buka akun Google Ads Anda.
  • Pilih opsi ‘Volume Pencarian dan Perkiraan’ atau ‘Get SearchVolume and Forecast”.
  • Masukkan kata kunci yang ingin Anda riset pada kolom ketik yang sudah di sediakan sebelumnya.
  • Klik pada tombol ‘Get Result’.
  • Tunggu sampai proses pencarian selesai di lakukan.

Mode ini akan menampilkan informasi kepada Anda mengenai hitungan metrik yang di dapatkan kata kunci selama ini. Selain itu juga perkiraan dari penggunaan kata kunci tersebut di Internet.

Baca Juga :   11 Keyword Tool Gratis, Rahasia Sukses Riset Kata Kunci

Dengan mode ini, Anda akan lebih bijak dalam menggunakan kata kunci yang sudah. Menghindari kesulitan persaingan, dan sebagainya.

Tips Penggunaan Google Keyword Planner

Ada berbagai fitur yang bisa di manfaatkan di tools ini, namun tidak semua pengguna bisa memaksimalkan penggunaannya. Karena itu, untuk pembahasan selanjutnya akan di bahas beberapa tips penggunaan dari keyword planner ini.

Jadi, Anda yang berminat menggunakannya, dapat memaksimalkan fungsi dari tools ini. Berikut adalah beberapa tips yang bisa di terapkan.

1. Pilih Kata Kunci yang Berpotensial

Dengan memanfaatkan tools ini, Anda bisa melihat sebesar apa potensi yang dimiliki oleh sebuah kata kunci. Dengan melihat ukuran potensi dari data yang di sediakan oleh tools ini. Akan semakin mudah bagi Anda untuk menemukan kata kunci yang harus di prioritaskan.

2. Lihat Kata Kunci dari Saingan

Dengan menggunakan tools ini, Anda memiliki kesempatan untuk mengambil kata kunci dari kompetitor Anda. Anda tinggal menyalin dan memasukkan alamat situs dari kompetitor Anda, pada kolom yang di sediakan oleh tools ini.

Kemudian, tools akan dapat memeriksa kata kunci apa saja yang di gunakan pada situs saingan tersebut. Anda bisa mengikuti pola kata kunci dari kompetitor Anda untuk mendekati hasil yang sama dalam internet marketing cara ini paling sering digunakan.

3. Gunakan Fitur untuk Filter Kata Kunci

Pada penggunaannya alat ini memang memiliki keterbatasan menampilkan 10 kata kunci saja setiap satu kali riset. Untuk memilih kata kunci yang terbaik di antara yang terpilih. Maka, Anda bisa menggunakan fitur filter saja.

Itulah pembahasan lengkap mengenai Google Keyword Planner. Sekarang Anda bisa lebih memahami perangkat satu ini. Mungkin saja, Anda tertarik menggunakan tools ini. Banyak sekali hal yang harus di pelajari.

Scroll to Top