Google Trends

Kenali Apa Itu Google Trends Beserta Layanan dan Cara Penggunaannya

Apakah Anda hendak membuat konten digital dengan memanfaatkan kata kunci yang viral? Kira-kira, bagaimana cara mengetahui apa yang banyak dicari di Google? Salah satu tool yang dapat Anda manfaatkan untuk mencari kata kunci viral terkini adalah Google Trends.

Google Trends buat apa? Dan bagaimana cara menggunakannya? Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencari tahu tentang tool tersebut secara mendalam, silakan simak penjelasan selengkapnya di artikel kali ini.

Mengenal Apa Itu Google Trends

Sebagai mesin pencarian terbesar di dunia, Google telah menghadirkan beragam jenis tool maupun layanan untuk menunjang aktivitas digital bagi setiap penggunanya.

Adapun salah satu layanan tersebut memungkinkan penggunanya untuk mencari topik atau kata kunci yang sedang hits dan ramai di perbincangkan pada saat ini.

Google Trends

Layanan tersebut bernama Google Trends, sebuah tool dari Google yang menyediakan layanan pencarian topik terhangat untuk inspirasi penyusunan konten digital Anda. Tool ini dapat menyajikan data dan grafik tentang peristiwa atau event yang sedang populer di halaman pencarian Google.

Jika melihat kondisi pada masa kini, banyak orang atau pengelola web telah berlomba-lomba untuk meningkatkan jumlah kunjungan atau traffic website mereka dengan menyediakan konten-konten menarik dan terbaru.

Dapat dikatakan bahwa tool tersebut akan menjadi kebutuhan penting bagi setiap pengelola web maupun penyusun konten digital dalam merancang ide dan strategi pembuatan konten berdasarkan topik yang sedang viral menurut data pencarian Google.

Selain dapat menunjukkan topik yang masih hangat, Anda juga akan mendapatkan layanan pencarian keyword atau kata kunci yang sering dicari oleh para pengguna mesin pencari Google.

Lebih bagusnya lagi, Anda juga dapat membandingkan popularitas dan performa antar kata kunci untuk menemukan kata kunci mana yang lebih sering dicari oleh pengguna Google.

Baca Juga :   SEO Difficulty Adalah? Pemilik Website Harus Tahu

sehingga Anda dapat menciptakan konten yang baik, tepat sasaran, dan lebih mudah di temukan oleh orang-orang.

Layanan yang Tersedia di Google Trends

Secara sederhana, tool ini merupakan alat analisis yang disediakan oleh pihak Google. Tool ini dapat menghimpun dan membandingkan data tren pencarian di mesin pencari Google, Google Images, Google News, Google Shopping, sampai dengan YouTube dari seluruh dunia.

Di samping itu, jenis-jenis layanan yang dapat Anda manfaatkan dari penggunaan ‘produk’ Google kali ini antara lain:

Jasa Pembuatan Website

1. Tren Kata Kunci

diantara banyaknya Aplikasi Seo, Di tool ini, Anda akan menemukan dan memahami tren dalam mesin pencari Google yang di tunjukkan dalam bentuk kata kunci.

Dari sini, Anda jadi lebih mengerti tentang jenis bahasa dan pemilihan kata-kata spesifik yang sering di gunakan oleh para pengguna mesin pencari Google.

2. Tren Musiman

Layanan selanjutnya adalah Anda dapat menemukan data seputar minat atau ketertarikan dari para pengguna Google secara musiman.

Tentu saja, data ini akan sangat membantu Anda dalam menyusun strategi maupun kalender editorial. Dengan begitu, Anda dapat menciptakan konten-konten terbaru yang lebih relevan dan sesuai dengan minat target sasaran atau masyarakat digital.

3. Tren Regional

Apakah Anda berencana ingin membuat suatu konten digital yang viral di kawasan tertentu? Jika iya, Anda dapat menggunakan fitur tren regional untuk memahami suatu kata kunci yang sering di gunakan oleh para pengguna Google dari lokasi geografis tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui bagaimana performa suatu kata kunci berdasarkan lokasi geografisnya.

Misalnya, kata kunci A memiliki tingkat popularitas yang lebih tinggi di satu negara dan grafik tren yang relatif rendah di kawasan negara yang lainnya.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengidentifikasi minat dan pandangan tren dari para pengguna Google dari beberapa lokasi geografis yang berbeda.

Baca Juga :   Jenis-Jenis SEO, Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

4. Kata Kunci Terkait

Layanan yang berikutnya adalah Anda dapat menemukan jenis ide tertentu berdasarkan kata kunci yang ingin Anda targetkan.

Misalnya, Anda hendak membuat suatu konten digital yang menargetkan kata kunci “diet sehat”. Dari kata kunci tersebut, Anda akan menemukan berbagai ide topik lain seperti “cara diet sehat”, “menu diet sehat”, “buah untuk diet cepat kurus”, dan masih banyak lagi.

Dari sini, Anda dapat mengembangkan satu kata kunci target untuk menyusun banyak ragam konten dan masih tetap relevan.

5. Topik Terkait

Layanan yang bisa Anda temukan berikutnya adalah Anda dapat menemukan berbagai macam topik tertentu berdasarkan kata kunci yang ingin Anda sasar.

Misalnya, jika Anda hendak menyasar jenis kata kunci “diet sehat”, Anda juga akan menemukan kumpulan data Topik Terkait seperti “catering”, “nutrisi”, “kenaikan berat badan”, “makanan berserat”, dan lain sebagainya.

Dapat Anda bayangkan berapa banyak topik yang bisa Anda jadikan sebagai ide konten mendatang baik untuk situs web, YouTube, maupun media sosial yang mana topik tersebut masih relevan dengan kata kunci target atau niche bisnis Anda.

Keunggulan Google Trends

Sebagai salah satu layanan Google bagi para pegiat web blog maupun pembuat konten digital, tool ini akan memberikan beragam jenis keunggulan bagi penggunanya, antara lain :

Google trends

1. Tampilan Antarmuka Mudah Di pahami

Salah satu keunggulan yang ada pada Google Trend adalah memiliki tampilan atau antarmuka yang terbilang sederhana, sehingga dapat mudah di pahami oleh siapa saja termasuk para pengguna pemula.

Jika Anda hendak mencari ide konten dan baru pertama kali menggunakan tool ini, Anda tak perlu bingung tentang cara penggunaannya, karena bisa di pastikan Anda mudah memahami dan mengoperasikannya saat melihat antarmukanya nanti.

Baca Juga :   9 Istilah dalam SEO, Pemilik Web Wajib Tahu!

2. Gratis

Biasanya, layanan pencarian kata kunci maupun ide topik akan memungut sejumlah biaya registrasi atau langganan per periode tertentu. Kalaupun tanpa biaya, layanan tersebut akan memberlakukan sistem uji coba gratis atau free trial hanya dalam jangka waktu yang terbatas.

Kabar baiknya, hal-hal tersebut tidak akan Anda temukan saat menggunakan layanan pencarian ide maupun kata kunci populer dari Google Trend. Dengan kata lain, semua pengguna dapat menikmati layanan tool tersebut secara gratis tanpa perlu membayar biaya langganan maupun registrasi.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan layanan ini secara cuma-cuma tanpa di batasi jangka waktu tertentu. Dengan layanan ini, Anda bisa bebas mencari informasi dan ide konten yang sedang nge-trend tanpa perlu keluar uang sama sekali.

Cara Menggunakan Google Trends

Secara umum, tool dari Google ini sering di gunakan untuk pemasaran konten, pembuatan iklan digital, dan keperluan SEO. Hal ini karena, tool tersebut dapat menunjukkan data berharga tentang hal-hal yang sedang banyak dicari oleh para pengguna mesin pencari Google.

Jika Anda hendak mencari inspirasi pembuatan konten dari tool tersebut, silakan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka situs https://trends.google.com/trends
  • Selanjutnya, Anda akan di bawa ke laman beranda yang bertuliskan Temukan Apa yang Dicari Dunia
  • Langkah selanjutnya, silakan ubah lokasi di bagian pojok kanan atas menjadi wilayah geografis yang Anda inginkan, misalnya Indonesia.
  • Setelah itu, Anda dapat masukkan kata pencarian tertentu secara jelas dan detail pada kolom pencarian yang tersedia.
  • Anda akan dihadapkan dengan berbagai jenis data dan grafik tren dari kata kunci yang Anda ketik tadi
  • Jika Anda hendak membandingkan tren kata kunci lainnya, Anda bisa memasukkan kata lainnya dalam kolom Compare yang terletak di halaman bagian atas.

Mudah, bukan? Agar semakin paham, Anda bisa langsung mencoba menggunakan tool Google Trends sekarang juga baik melalui komputer maupun ponsel

Scroll to Top