teknik SEO off page

Teknik SEO Off Page, Bikin Rangking Web Terus Naik

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, adalah cara untuk menaikkan sebuah situs atau website di mesin pencari. Ada banyak teknik SEO yang bisa di terapkan untuk mencapai tujuan pemeringkatan. Salah satunya adalah teknik SEO off page.

Mungkin tidak banyak orang tahu mengenai teknik satu ini. Karena itu, ulasan kali ini akan membahas mengenai pengertian dari teknik SEO satu ini. Pastikan Anda yang ingin mempelajari SEO dan Kesulitanya memperhatikan ulasan berikut ini.

Pengertian dari Teknik SEO Off Page

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai teknik satu ini. Tidak ada salahnya untuk mengenal lebih dulu pengertian dasar dari teknik ini. Teknik off page pada SEO adalah teknik untuk memproses sebuah inbound links atau yang di sebut juga backlink.

teknik SEO off page

Link harus bisa dikaitkan pada konten dengan cara yang sangat natural. Hal ini sangat penting karena sistem dalam mesin pencari akan bisa mengidentifikasi tautan yang kurang natural. Kecanggihan sistem mesin pencari sekarang memang semakin menyulitkan.

Hal ini karena, mesin pencarian semakin meningkatkan diri pada pengalaman pengguna atau user interface. Link harus dimasukkan secara natural dari konten agar bisa mencapai tujuan off page. Jika terdeteksi tidak natural hal ini bisa menghancurkan reputasi situs.

Keberadaan backlink adalah faktor utama dalam teknik SEO off page ini. Link inilah yang akan menjadi penghubung link yang kamu arahkan dengan dunia internet yang luas. Bahkan, jumlah backlink yang dimiliki bisa mempengaruhi reputasi sebuah website.

Baca Juga :   Jenis-Jenis SEO, Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Walaupun belum ada jumlah pasti seberapa banyak jumlah backlink yang dibutuhkan. Namun sangat jelas keberadaannya bisa membantu.

Teknik-Teknik dari SEO Off Page

Setelah mengetahui sekilas mengenai pengertian dari teknik dalam SEO off page ini. Berikutnya akan dibahas mengenai teknik itu sendiri. Apa saja teknik SEO off page? Apakah teknik itu bisa diterapkan dan bagaimana caranya? Berikut adalah ulasannya secara lengkap.

1. Membangun Kerja Sama Dengan Media Online

Teknik SEO off page yang pertama adalah membangun relasi dan kerja sama dengan berbagai media online. Bekerjasamalah dengan berbagai media online yang bersedia membuat liputan kegiatan yang diadakan perusahaan atau website yang dimiliki.

Dengan begitu, setiap situsmu sedang mengadakan event atau acara. Media online tersebut akan menaikkannya berada berita. Dalam berita itu, link dari situs yang dimiliki akan dicantumkan.

2. Rajin Mengirim Email Marketing

Teknik selanjutnya adalah dengan mengirim email marketing pada calon pelanggan yang potensial. Cara ini masih sering di gunakan oleh para marketer dan pengusaha kelas dunia. Untuk menawarkan promo terbaru atau mungkin produk baru yang akan dirilis.

Dalam email marketing tersebut, para marketers bisa menyisipkan link yang bisa menghubungkan dengan website dan situs yang sebenarnya. Apalagi, jika orang memang berminat untuk membeli produk tersebut.

3. Share ke Media Sosial

Teknik yang satu ini terbilang sebagai cara yang paling mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Bahkan, orang awam yang tidak memahami dasar SEO pun bisa melakukannya. Caranya yaitu, dengan membagikan link postingan pada media sosial.

Media sosial memang ruang yang ideal untuk mempromosikan sesuatu. Tidak terkecuali, konten yang ada di situs dan website. Tidak ada salahnya bukan menggunakan media sosial yang kita miliki sendiri untuk meningkatkan performa situs.

Posting di media sosial juga harus memiliki tujuan tertentu. Jangan, hanya sekedar join dan berpromosi saja. Nanti yang ada para pengguna akan di anggap sebagai scam di dinding media sosial.

Baca Juga :   Aplikasi SEO Google yang Dapat Meningkatkan Traffic Website

Buat konten promosi untuk hal yang signifikan saja. Misalnya, ada launching produk baru, artikel yang baru di publish, dan event tertentu yang diadakan oleh situs.

4. Kelola Google Bisnis

Cara optimasi SEO off page berikutnya adalah dengan memanfaatkan Google Bisnisku. Layanan ini memang di sediakan Google agar memudahkan para penggunanya dalam mengelola jaringan bisnis onlinenya.

Ubah informasi akun bisnis yang di miliki dengan fitur bisnis dari Google. Lengkapi semua data bisnis di dalam fitur ini agar akun yang kamu gunakan di nilai valid.

5. Masuk ke Listing Bisnis

Teknik SEO off page selanjutnya adalah memasukkan identitas pemilik bisnis dan bisnisnya ke listing bisnis. Cara ini ideal untuk website promosi dari sebuah usaha atau perusahaan. Terutama jika perusahaannya bergerak di bidang yang dapat di ulas oleh para penggunanya.

Misalnya saja seperti bisnis kuliner, bisnis hotel dan penginapan, bisnis tempat rekreasi, dan sebagainya. Platform untuk listing bisnis ini contohnya seperti TripAdvisor untuk perusahaan yang bergerak di bidang rekreasi dan penginapan.

Ada juga platform Zomato, yang di manfaatkan untuk review produk dari perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Setiap review dan listing yang di lakukan pasti bisa di cantumkan alamat resmi dari website perusahaan.

6. Melakukan Link Building

Link building adalah teknik SEO off page yang cukup efektif untuk membangun reputasi website. Link Building ini dilakukan sesuai dengan pedoman dan algoritma yang diterapkan PageRank yang ada di Google.

Dalam melakukan link building, pengguna harus menanamkan atau mencantumkan link di konten website lain. Link itu akan mengarahkan pengakses website ke website yang menjadi sasaran dari teknik SEO satu ini.

Sebelum melakukan teknik link building ini pada situs atau website. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan diketahui oleh para penggunanya. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya.

Baca Juga :   Apa itu SEO dan Kegunaannya dalam Meningkatkan Performa Website Anda

● Trafik dari Website

Angka trafik bisa menentukan seberapa banyak tingkat kunjungan yang akan didapatkan website melalui penukaran link ini. Maka dari itu, sebelum menukar link untuk membangun link building.

Para pemilik website harus memperhatikan trafik dari website yang menjadi tempatnya menitipkan link. Jika trafik sama-sama rendah, maka teknik ini mungkin tidak akan berpengaruh banyak.

● Pilih Website yang Relevan

Bertukar link mungkin terdengar mudah di lakukan. Namun, para pemilik website harus tetap menjaga relevansi website yang menjadi pasangan tukar link. Pastikan website sasaran masih sesuai dan relevan topiknya dengan website yang di tukar linknya.

Jika, ada ketidaksesuaian dalam penukaran link ini, misalnya ada website kuliner yang menautkan linknya ke website otomotif. Hal ini malah akan berbalik menurunkan reputasi website alih-alih menaikkannya.

● Pilih Anchor Text yang Tepat

Selain topik website yang harus relevan, hal selanjutnya yang harus di perhatikan dalam teknik SEO off page satu ini adalah keterkaitan Anchor Text. Pastikan text yang di pilih sebagai anchor relevan dengan website yang di sambungkan.

Perlu diingat, bahwa lebih baik untuk tidak menggunakan teknik Anchor text ini secara berlebihan. Hal ini bisa meningkatkan kecurigaan dari pihak Google. Kemungkinan besar, Google malah akan memberi penalti pada situs.

● Link yang Dofollow atau Nofollow

Ada dua jenis link yang di tautkan dalam teknik satu ini. Pertama adalah teknik Dofollow, artinya link ini akan melewati pembacaan dari Google. Kemudian, ada juga jenis NoFollow yang tidak melewati pembacaan dari Google.

Itulah pengertian beserta beberapa teknik SEO off page yang bisa di terapkan. Para pemilik situs bisa memanfaatkan cara-cara di atas untuk meningkatkan reputasi dari situsnya.

Scroll to Top