keyword tool gratis

11 Keyword Tool Gratis, Rahasia Sukses Riset Kata Kunci

Saat membuat artikel, melakukan riset kata kunci adalah hal yang penting guna mendapatkan pembaca dengan cepat. Maka dari itu Anda membutuhkan keyword tool gratis untuk melakukannya.

Untungnya, sekarang ini sudah banyak penyedia keyword tools yang dapat membantu Anda dalam mencari kata kunci yang tepat, hingga bisa mendapatkan banyak pembaca ke blog atau website Anda. Aplikasi tools pencarian apa yang sering digunakan? Temukan dalam artikel berikut ini!

Daftar 11 Keyword Tool Gratis untuk Sukses Riset Kata Kunci

Search Engine Optimization atau SEO adalah sebuah metode untuk mengoptimasi website Anda agar dapat muncul pada halaman pertama mesin pencari, seperti Google. Saat menerapkan metode ini Anda membutuhkan tools untuk meriset kata kunci yang akan membuat website Anda berada di halaman pertama mesin pencari.

keyword tool gratis

Apa nama aplikasi untuk kita melakukan research keyword? Tools SEO apa saja? Berikut ini sebelas keyword tools gratis yang dapat Anda gunakan untuk meriset kata kunci.

1. Ahrefs Keyword Generator

Tak hanya hadir dengan versi berbayar, keyword tool bernama Ahrefs ini juga memiliki versi gratis yang menampilkan hasil riset kata kunci yang sangat lengkap daripada keyword tool gratis lainnya.

Ahrefs Keyword Generator yang akan membantu Anda untuk menemukan keyword turunan atau long-tail keyword ini akan memberikan beberapa informasi penting seperti:

  • Volume pencarian keyword
  • Tingkat kompetisi
  • Daftar pertanyaan terkaitkeyword yang dicari

2. Google Keyword Planner

Jika Anda ingin membuat sebuat campaign dan mengiklankannya dengan Google Ads, maka Anda akan membutuhkan keyword tool gratis yang satu ini.

Baca Juga :   Aplikasi SEO Google yang Dapat Meningkatkan Traffic Website

Pada Google Keyword Planner, Anda dapat memilih dua opsi riset keyword, yaitu Discover New Keyword untuk mencari kata kunci baru dan Get Search Volumes and Forecast untuk mengetahui volume pencarian dan prediksi terhadap kata kunci yang dicari.

Google Keyword Planner ini akan membantu Anda untuk memberikan informasi berupa:

  • Volume pencariankeyword
  • Tingkat kompetisi untuk beriklan padakeyword tersebut
  • Biaya beriklan untuk kata kunci tersebut

 3. Google Search

Mungkin banyak orang yang tidak mengira bahwa Google Search dapat Anda gunakan untuk mendapatkan ide kata kunci. Padahal hal ini dapat terlihat dengan mudah saat Anda mengetikkan sebuah kata kunci pada search bar.

Di mana, Google akan menampilkan beberapa saran atau alternatif dari kata kunci yang Anda ketikkan. Misalnya Anda mengetikkan ‘ide konten tiktok’, maka Google akan menampilkan beberapa kata kunci turunan yang dapat menjadi pilihan kata kunci.

Biasanya, Google memberikan saran kata kunci turunan berdasarkan popularitas dan volume dari pencarian kata kunci tersebut. Jadi, dapat Anda simpulkan bahwa kata kunci turunan yang Google berikan memang diminati oleh banyak orang.

Sehingga, Anda dapat menjadikan seluruh atau sebagian kata kunci turunan tersebut menjadi ide konten yang akan berpotensi untuk mendapatkan traffic yang tinggi. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan ide konten dari rekomendasi yang Google berikan.

4. Google Search Console

Google Search Console adalah tool yang Google berikan untuk para webmaster agar dapat meningkatkan traffic website mereka. Anda dapat melihat berbagai kata kunci yang memunculkan website Anda pada SERP atau Search Engine Result Page.

Tak hanya menampilkan kata kuncinya saja, Anda juga akan melihat jumlah klik, penayangannya, serta rata-rata peringkat dari kata kunci tersebut.

5. Google Trends

Google Trends adalah tool bawaan Google yang berfungsi untuk menampilkan pencarian dari berbagai topik serta popularitas naik turunnya topik tersebut pada mesin pencari Google. Anda dapat melihat berbagai fitur sebagai berikut pada Google Trends.

  • Daerah mana yang sering mencari kata kunci tersebut
  • Keyword yang sedang populer di Google
  • Volume pencarian kata kunci
  • Topik yang terkait dengan kata kunci tersebut
Baca Juga :   Kenali Apa Itu Google Trends Beserta Layanan dan Cara Penggunaannya

6. Keywordtool.io

Keyword tool gratis yang satu ini memiliki fungsi khusus, yaitu untuk menemukan alternatif kata kunci beserta turunannya dari kata kunci yang Anda inginkan. Anda akan melihat ratusan ide kata kunci alternatif yang dapat Anda gunakan sebagai konten artikel untuk website Anda.

Keywordtool.io ini memberikan hasil keyword turunan dari pencarian Google Search, jadi Anda tidak perlu meragukan keakuratannya. Selain keyword turunan, Anda pun akan mengetahui model kata kunci yang berupa pertanyaan saat menggunakan tool ini.

7. KWFinder

KWFinder adalah keyword tool yang telah hadir dari tahun 2014 dan terus mengalami peningkatan akurasi hingga saat ini. Jadi, tidak heran jika banyak perusahaan besar, seperti Adidas, AirBnB dan Alexa menggunakan keyword tool gratis ini.

KWFinder merupakan produk keluaran Mangools yang memiliki berbagai kemampuan sebagai berikut.

  • Identifikasikeyword yang berpotensial
  • Menampilkan volume pencariankeyword dalam statistik
  • Mengecekkeyword kompetitor

8. LSI Graph

LSI Graph adalah alat SEO gratis lainnya yang dapat Anda gunakan untuk meriset kata kunci. Anda dapat menemukan berbagai kata kunci yang relevan dengan kata kunci yang Anda cari.

Selain itu, Anda juga dapat melihat beberapa konten top dari website teratas yang memiliki kata kunci yang Anda cari. Namun, Anda hanya dapat melakukan pencarian kata kunci hingga delapan kata saja per hari, karena akun yang Anda gunakan merupakan versi gratis.

9. Semrush Keyword Magic Tool

Ternyata SEMrush tidak hanya menawarkan tool SEO yang berbayar saja, namun perusahaan ini juga memberikan layanan keyword tool gratis melalui SEMrush Keyword Magic Tools.

Untuk menggunakan tool ini secara gratis, Anda perlu terlebih dahulu membuat akun SEMrush. Setelah itu, Anda dapat mengakses berbagai informasi penting tentang kata kunci yang Anda cari sebagai berikut.

  • Rekomendasi keyword berdasarkan suatu metrik
  • Volume pencarian keyword bulanan
  • Tingkat kompetisikeyword untuk pencarian organik
  • Tingkat kepadatan kompetisi keyworduntuk penawaran iklan
Baca Juga :   Teknik SEO Off Page, Bikin Rangking Web Terus Naik

10. Ubersuggest

Walaupun hadir sebagai pendatang baru dalam dunia SEO, Ubersuggest berhasil menarik perhatian banyak orang dengan penawaran berbagai fitur yang memukau. Keyword tool milik Neil Patel ini menawarkan fitur-fitur canggih seperti berikut.

  • Volume pencarian terhadapkeyword yang dicari
  • Cost Per Click untuk iklan terhadap keyword
  • Tingkat kompetisi berbayar dan organik
  • Popularitas kata kunci
  • Memberikan rekomendasi judul konten yang menarik

11. Wordtracker

Keyword tool gratis yang satu ini akan memberikan data kata kunci yang impulsif dengan tampilan yang cukup sederhana hingga Anda tidak akan kebingungan saat sedang meriset kata kunci.

Saat Anda membuka situs tool ini di wordtracker.com dan mengetikkan kata kunci yang ingin Anda cari. Maka, Anda akan langsung melihat berbagai informasi berikut.

  • Volume pencarian dari kata kunci
  • Tingkat kompetisi dari kata kunci tersebut
  • Tren pencarian dari keyword
  • Saran keywordyang relevan dengan yang dicari
  • Filter lokasi agar lebih tepat sasaran
  • Membuat pengecualian kata kunci
  • Melakukan riset market (market researchtool) untuk kebutuhan bisnis dan Ads.

Dengan menggunakan salah satu atau lebih keyword tool gratis di atas sesuai dengan kebutuhan Anda dan membuat artikel yang sesuai dengan kaidah SEO yang ada. Maka Anda akan lebih mudah untuk meningkatkan performa serta traffic website Anda di SERP.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top