jenis-jenis SEO

Jenis-Jenis SEO, Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Anda mungkin tak asing lagi dengan istilah SEO yang merupakan kependekan dari Search Engine Optimization. Terutama bagi Anda yang menggunakan website sebagai media promosi produk dan lainnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas jenis-jenis SEO lengkap dengan cara kerjanya.

Jika Anda ingin memanfaatkan SEO dalam melakukan bisnis, ada baiknya jika Anda mengenal lebih jauh terkait cara kerja SEO dan jenisnya. Dengan begitu Anda akan memahami cara kerja serta bagaimana cara untuk menaikan halaman web Anda ke bagian teratas dari search engine.

Apa Itu SEO?

Sebelum memasuki pembahasan jenis SEO, mari kita bahas dulu pengertian dan manfaat serta fungsinya. Karena mungkin masih banyak dari para pembaca yang belum mengenal istilah ini sebelumnya. Terutama bagi Anda yang masih asing dengan dunia website dan search engine.

jenis-jenis SEO

Jadi sebenarnya apa itu SEO atau Search Engine Optimization? SEO merupakan suatu teknik yang dalam prakteknya berfungsi untuk melakukan optimasi website agar mendapatkan ranking tertinggi dalam search engine.

SEO berfokus dalam traffic atau organic ranking yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Dengan melakukan teknik ini website bisa memperoleh pengunjung tanpa perlu mengeluarkan biaya ataupun menggunakan iklan.

Dengan menggunakan teknik SEO situs yang Anda kelola memiliki potensi lebih besar dalam menaikkan traffic pengunjung. Teknik ini juga dapat meningkatkan jangkauan audiens yang sesuai dengan tujuan pembuatan situs semisalnya branding, transaksi ataupun sumber informasi.

Manfaat SEO Bagi Website dan Pengaruhnya Dalam Bisnis

Selain membantu dalam meningkatkan traffic, dengan menggunakan teknik optimasi ini audiens juga akan lebih mudah dalam menemukan website Anda. Hal tersebut dapat terjadi karena rata-rata orang lebih memilih artikel teratas untuk mereka baca dan malas untuk scroll ke bagian bawah halaman.

Baca Juga :   Kenali Apa Itu Google Trends Beserta Layanan dan Cara Penggunaannya

Dengan begitu artikel yang ada pada posisi atas halaman search engine akan dengan mudah ditemukan. Artikel tersebut juga memiliki potensi besar untuk di baca oleh audiens. Kecenderungan membaca artikel teratas tersebut yang membuat teknik ini penting untuk Anda terapkan pada website.

Dengan menggunakan teknik ini juga Anda dapat menjaring target audiens yang tepat. Alasannya karena dengan kata kunci yang sesuai informasi dalam website sesuai dengan kebutuhan audiens. Hal tersebut juga dapat membantu membangun brand awareness untuk memperkenalkan produk Anda.

SEO juga dapat Anda jadikan sebagai investasi jangka panjang dan berpeluang dalam memperbesar kesempatan bisnis. Terutama dengan pencarian yang relevan dapat mempengaruhi keputusan calon pembeli. Dengan begitu konversi dan penjualan juga dapat meningkat dengan bertambahnya pelanggan.

Jenis-Jenis SEO Beserta Cara Kerjanya

Setelah mengetahui pengertian, fungsi dan manfaat dari teknik ini selanjutnya kita akan membahas jenis-jenis SEO beserta manfaatnya. Secara umum terdapat 3 jenis SEO yang dapat Anda manfaatkan dalam menyukseskan strategi pencarian organic pada search engine.

jenis jenis SEO

Jenis-jenisnya adalah SEO Technical, SEO On Page, dan SEO Off Page. Ketiganya penting untuk Anda pahami untuk terapkan agar rencana optimasi halaman website berjalan dengan baik. Tujuan lainnya adalah memudahkan Anda dalam mengatur dan menjalankan strategi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu menerapkan ketiganya secara beriringan dan continue. Perhatikan langkah dan tahapan dengan baik untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan dan ekspektasi Anda. Berikut adalah penjelasan dari ketiga jenis SEO tersebut.

1. SEO Technical

Jenis-jenis SEO yang pertama ialah SEO teknis atau technical. Pada tahapan ini teknik tidak tertuju pada konten, namun pada konfigurasi website. Hal ini di lakukan agar website lebih mudah untuk dikenali oleh search engine saat melakukan crawl.

Baca Juga :   11 Keyword Tool Gratis, Rahasia Sukses Riset Kata Kunci

Crawl sendiri merupakan tahap dimana search engine menemukan konten baru maupun lama. Kontennya dapat berupa halaman web, video, gambar ataupun apapun yang diunggah pada internet. Tahap ini juga merupakan proses yang di gunakan bot search untuk menambahkan halaman ke indeks.

Kembali lagi pada pembahasan SEO teknis. Jenis ini hanya perlu Anda lakukan sekali ketika memulai optimasi website. Bagian yang paling penting dari tahapan jenis ini yaitu memastikan bahwa pengaturan crawl atau crawling telah aktif dan berjalan dengan baik.

Penting bagi Anda untuk mengatur dengan baik dan memastikannya dengan cara mengecek ulang. Karena proses ini hanya di lakukan sekali sebelum melanjutkan ke tahapan berikutnya. Untuk itu Anda harus mengerjakannya dengan baik dan teliti.

2. SEO On Page

Jenis yang kedua adalah SEO on page. Tahapan jenis ini dapat Anda lakukan setelah melakukan pengaturan crawling dan memastikannya berjalan dengan baik. Berbeda dengan sebelumnya. Tahapan ini berhubungan dengan konten serta elemen yang ada pada website.

Hal utama yang memerlukan perhatian adalah memastikan konten dan elemen memiliki sinyal yang bisa dijadikan indicator oleh search engine. Yang dimaksud dengan sinyal merupakan struktur yang ada dalam konten pada suatu website.

Sinyal itu jugalah yang akan search engine gunakan untuk mendeteksi apakah halaman tersebut memiliki konten atau tidak. Dengan menjalankan jenis ini dengan baik Anda dapat pula meningkatkan kredibilitas website yang Anda miliki.

Kredibilitas website yang baik tentunya dapat menambahkan nilai plus bagi website Anda. Dan tentunya bagi para pelaku bisnis hal ini sangatlah menguntungkan untuk brand awareness hingga penjualan produk. Terutama jika berhasil merajai ranking utama teratas.

Baca Juga :   Teknik SEO Off Page, Bikin Rangking Web Terus Naik

3. SEO Off Page

Jenis yang terakhir dan merupakan tahapan akhir pula adalah SEO off page. Jenis ini berbeda dengan yang sebelumya yang memiliki fokus khusus pada halaman website. Tetapi pada jenis SEO ini optimasi dapat Anda lakukan diluar website utama.

teknik SEO off page

Fokus dari SEO off page terdapat pada kredibilitas website utama yang ditingkatkan dengan cara memberikan tautan link berupa backlink. Backlink merupakan tautan balik yang bisa Anda dapatkan dengan cara memberikan komentar pada blog orang lain.

Namun hal tersebut dapat dilakukan dengan izin pengguna untuk mencantumkan link website. Cara lainnya adalah membuat private blog network atau PBN. PBN sendiri adalah kumpulan blog yang di bangun dengan tujuan membantu menaikan kredibilitas website utama dengan memberikan backlink.

Backlink yang dilakukan PBN perlu dilakukan secara khusus dan bertahap. Dan biasanya para pengguna teknik SEO memiliki lebih dari 10 hingga 20 blog pendukung. SEO jenis ini memiliki peranan yang penting bagi Anda yang sedang mendirikan website.

Hal tersebut dikarenakan search engine akan melihat website utama yang memiliki kualitas tinggi dan popular. Itu semua ditentukan oleh banyaknya link building dari website lain yang merujuk pada website utama. Untuk itu jenis ini merupakan tahapan yang sangat penting dalam SEO.

Jenis-jenis SEO itulah yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kredibilitas website yang tengah Anda kembangkan. Jika ketiganya telah Anda lakukan dengan baik dan search engine menyukai website utama Anda. Maka hanya menunggu waktu untuk melihat peningkatan pengunjung.

Dengan meningkatnya jumlah pengunjung tentunya traffic pun akan naik dan website Anda akan terlihat di halaman atas search engine. Hal tersebut tentunya memiliki pengaruh baik bagi pelaku bisnis untuk mengenakan produk dan menjual produk yang mereka produksi

Scroll to Top