Optimasi SEO on page

Cara Optimasi SEO On Page dan Alasan untuk Melakukannya

Membuat konten yang relevan, menarik, dan berkualitas saja tidak cukup untuk membuat situs yang Anda kelola. Dapat memasuki perangkingan yang tinggi di mesin pencarian. Ada cara lain yang harus Anda lakukan untuk mendukung konten Anda. Salah satunya adalah cara untuk optimasi SEO On Page.

Apa itu SEO On Page ? Secara sederhana, proses ini di sebut sebagai cara untuk memaksimalkan situs dari faktor internal situs yang Anda kelola. Faktor internal pada SEO On Page ini menyangkut beberapa hal dan aspek. Karena itu, untuk lebih jelasnya akan di bahas dengan detail di bawah ini.

Mengenal Optimasi SEO On Page Lebih Detail

Untuk para pemula di bidang pengelolaan website dan situs, mungkin kurang awam dengan dengan istilah SEO On Page. Apalagi, hal-hal yang termasuk dalam cakupan untuk mengoptimalkan situs atau website dengan teknik satu ini.

Secara sederhana optimasi SEO On Page adalah upaya untuk memaksimalkan atau mengoptimalkan situs Anda. Proses ini melibatkan aspek-aspek yang ada di dalam situs dan konten yang akan ada bagikan di dalam situs

Aspek-aspek yang di maksud adalah mulai dari memaksimalkan pengaruh judul, tag dari konten, heading, sampai gambar yang dimasukkan. Keberadaan teknik SEO On Page ini sangatlah penting bagi posisi situs atau website pada mesin pencari.

Optimasi SEO on page

Karena aspek dalam SEO On Page akan membantu Google dalam memahami isi dan konten situs. Hal ini akan memudahkan algoritma untuk menyesuaikan. Apakah konten yang diposting sesuai dengan permintaan penelusuran dari para pengguna.

Cara Melakukan Optimasi SEO On Page

Jadi, bagaimana cara melakukan teknik SEO On Page ini pada website atau situs yang Anda kelola? Ada banyak cara untuk menerapkannya. Cara-cara ini memang efektif namun tidak mudah untuk dilakukan. Banyak hal teknik yang harus Anda perhatikan untuk membangun situs dari dalam dengan teknik ini.

Baca Juga :   Kenali Apa Itu Google Trends Beserta Layanan dan Cara Penggunaannya

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan pengoptimalan website dengan cara SEO On Page. Yang mungkin bisa Anda coba lakukan.

1. Harus Ada Kata Kunci dalam Judul

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika menerapkan optimasi SEO secara on page pada konten yang Anda posting di situs adalah website. Sangat wajib hukumnya dalam penerapan SEO On Page, kata kunci yang menjadi sasaran harus dituliskan di dalam judul.

Judul konten yang akan di posting biasanya akan menggunakan tipe heading H1. Menempatkan keyword atau kata kunci ini pada heading 1, akan memudahkan proses identifikasi dari mesin pencari dengan tema yang sesuai. Dengan begitu, konten akan mudah di masukkan dalam perangkingan.

Tidak hanya sekedar di sebutkan pada judul. Penyebutan kata kunci harus di lakukan secara natural. Hal ini agar menghindari kecurigaan dari algoritma mesin pencarian. Selain itu, menambah kenyamanan pembaca konten dalam menerima informasi.

2. Gunakan URL yang Singkat dan Deskriptif

Cara melakukan optimasi SEO On Page selanjutnya adalah membuat URL yang singkat dan deskripsi. URL yang singkat serta deskriptif akan membantu mesin pencari agar lebih memudah memahami isi konten di dalamnya. Selain itu, URL yang dibuat secara deskriptif akan memiliki potensi yang lebih besar untuk di klik.

Cara melakukan hal ini sebenarnya cukup mudah. Karena sudah ada banyak CMS yang membiarkan permalink URL untuk diubah. Kemudian, di jadikan agar lebih sesuai dengan kata kunci yang di gunakan. Hal ini bisa menambah efek pengoptimalan dari konten yang di posting.

3. Optimalkan Title Tag

Title tag atau yang sering juga di sebut sebagai tag judul terdiri dari tag HTML. Tag ini akan selalu berada dan menjadi bagian dari halaman awal sebuah website atau situs. Tag ini, memberikan tanda pada algoritma mesin pencarian juga.

Baca Juga :   11 Keyword Tool Gratis, Rahasia Sukses Riset Kata Kunci

Terutama mengenai materi pokok, konteks, dan tema general yang di bawakan oleh konten yang di upload. Tag ini akan di hasilkan ini ternyata akan ikut di munculkan dalam halaman awal mesin pencari. Biasanya juga, tag ini akan menjadi link yang dapat di akses dengan mudah.

Dampak dari title tag atau tag judul ini sangatlah besar. Jika, para pengurus situs lupa untuk menerapkan hal ini. Terutama jika judul tidak tertulis, tidak ditulis dengan baik, apalagi jika plagiat. Hal ini akan benar-benar mempengaruhi reputasi dari sebuah situs atau website.

4. Barengi dengan Meta Deskripsi yang Menarik

Cara optimasi SEO On Page, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah membuat meta deskripsi yang menarik. Mungkin ada beberapa orang yang tidak mengerti, apa itu meta deskripsi? Aspek ini adalah aspek yang menampilkan deskripsi singkat tentang konten situs.

Deskripsi ini akan menjadi deskripsi awal yang ditampilkan di hasil penelusuran mesin pencari Google. Sebenarnya secara teknik, keberadaan meta deskripsi tidak bisa memberikan peningkatan yang maksimal pada rangking situs pada hasil mesin pencarian.

Namun, dengan menggunakan meta deskripsi yang menarik orang akan semakin tertarik untuk melihat kontenmu. Jika, semakin banyak yang mengklik kontenmu. Tentu saja, hal ini akan mempengaruhi peringkat dari website itu sendiri.

Jadi, tidak ada salahnya juga kan, membuat meta deskripsi sebagai bagian yang perlu digarap dengan serius. Meta deskripsi juga harus dimaksimalkan dalam penggunaannya.

5. Gambar yang Relevan dan Menarik

Gambar yang di pasang pada website dan membarengi konten yang diupload juga akan masuk sebagai bahan penilaian rangking website pada halaman pencarian. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengoptimalkan gambar.

Baca Juga :   Penjelasan Lengkap Tentang apa itu SEO dan SEM

Seperti memberi nama yang relevan pada gambar dan pilih ukuran yang sesuai untuk diupload di website. Jangan, memilih gambar secara sembarangan agar hasilnya baik saat dimasukkan ke dalam website. Ukuran gambar yang cukup kecil di sarankan untuk menjadi gambar di website.

Hal ini karena, ukuran gambar yang kecil akan lebih mudah di proses oleh mesin pencari. Para pengakses situs juga tidak memerlukan waktu lama untuk membuka situs.

Alasan Optimasi SEO Off Page Perlu Dilakukan

Pada dasarnya, Google memiliki banyak sekali pertimbangan dan faktor dalam penilaian suatu situs atau website. Faktor-faktor yang mempengaruhi ini di bagi menjadi faktor internal yang ada pada dalam situs itu sendiri.

Kemudian, ada juga faktor yang berasal dari luar situs atau faktor eksternal. Kedua, faktor itulah yang akan di kombinasikan dengan formula tertentu. Kemudian, menghasilkan penilaian terhadap situs.

Optimasi SEO On Page merupakan bagian dari faktor penilaian internal dari Google. Hal inilah yang membuat teknik ini juga penting untuk dilakukan. Adanya penerapan optimasi ini, dapat mendukung bahkan ikut menentukan nilai dari ranking situs atau website yang Anda kelola.

Jika, situs atau website Anda selalu menerapkan teknik-teknik di atasnya.Situs dan website yang Anda kelola akan makin banyak pengunjungnya. Semakin mudah untuk ditemukan orang lain dalam pencarian.

Kondisi ini akan menaikkan kredibilitas situs atau website Anda. Baik oleh para pengunjung situs atau website Anda sendiri. Begitu juga penilaian dari ranking Google. Namun, penerapan teknik SEO On Page ini tidak cukup.

Bagaimanapun harus dibarengi dengan penerapan teknik SEO Off Page sebagai faktor eksternal. Baru optimasi situs dan website bisa berjalan dengan maksimal dan sempurna.

Itulah ulasan mengenai cara melakukan optimasi SEO On Page. Berikut dengan cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkannya. Anda juga sudah mengetahui mengapa melakukan Teknik ini sangatlah penting

Scroll to Top