Aplikasi SEO

Aplikasi SEO Google yang Dapat Meningkatkan Traffic Website

SEO singkatan dari Search Engine Optimization merupakan teknik untuk melakukan optimasi pada website guna meningkatkan traffic dan ranking dari search engine. Dalam prakteknya, teknik ini membutuhkan beberapa aplikasi SEO yang dapat membantu Anda untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Penting bagi Anda untuk mengetahui SEO tools apa saja yang bisa membantu dalam meningkatkan traffic website. Karena dengan meningkatnya traffic, akan mempengaruhi marketing dalam bisnis yang Anda geluti. Brand awareness dapat dengan mudah Anda dapatkan ketika digital marketing berjalan mulus.

4 Aplikasi SEO Terbaik dari Google

Semakin maraknya penggunaan SEO membuat semakin menjamurnya aplikasi yang memiliki fungsi untuk meningkatkan traffic pengunjung. Namun tentunya aplikasi-aplikasi tersebut belum tentu semuanya bisa Anda gunakan dengan mudah dan memperoleh hasil yang maksimal.

Aplikasi SEO

Google sendiri telah menyediakan berbagai tools yang dapat Anda manfaatkan dalam melakukan teknik SEO. Tools-tools tersebut merupakan layanan gratis yang Google sediakan untuk membantu para pemilik website dalam meningkatkan traffic dan performa dari web yang mereka miliki.

Berikut ini kita akan membahas beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat membantu dalam proses SEO. Aplikasi ini memiliki kinerja yang optimal dan dinilai efektif dalam meningkatkan traffic pengunjung pada website. Mari simak informasi di bawah ini.

1. Google Analytics

Google Analytics merupakan tools atau aplikasi yang dapat memudahkan Anda dalam memantau traffic web. Dengan menggunakan tools ini Anda dapat mengetahui pengunjung pada website. Dengan memanfaatkan data dari traffic pengunjung Anda dapat menganalisis untuk meningkatkan traffic.

Data pengunjung yang dimaksud ialah seperti perilaku, jenis kelamin, usia para pengunjung. Selain itu segala hal yang berhubungan dengan interaksi para pengunjung dan website yang Anda miliki. Dengan data tersebut Anda dapat memaksimalkan strategi marketing yang sesuai .

Baca Juga :   Google Keyword Planner : Cara dan Tips Penggunaannya

Google Analytics juga menyediakan traffic secara berkala yang waktunya dapat Anda atur secara custom sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan. Dari sana pula performa website milik Anda dapat terlihat. Hasil performa tersebut juga dapat membantu dalam menentukan strategi baru .

Data performa yang disajikan antara lain adalah sumber traffic, demografi pengunjung, konten popular dan lainnya. Semua data tersebut bisa Anda manfaatkan untuk bahan evaluasi konten pada website Anda. Dengan begitu Anda bisa menentukan apakah konten perlu ditulis ulang atau optimasi saja.

Layanan dari Google Analytics ini bisa Anda dapatkan secara gratis alias tidak memakan biaya. Untuk itu aplikasi ini merupakan tools SEO gratis terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan untuk membantu dalam menentukan strategi dalam menjalankan digital marketing berbasis website milik Anda.

2. Google Keyword Planner

Tools selanjutnya adalah Google Keyword Planner. Dari namanya saja mungkin Anda telah menebak fungsi dari tools ini. Sesuai dengan namanya aplikasi ini berguna untuk mencari keyword dan estimasi traffic website. Dengan menggunakan tools ini Anda bisa mendapatkan gambaran ide atau strategi.

Google keyword planner

Fungsi utama dari tools ini sendiri ialah membantu Anda dalam melakukan riset keyword atau kata kunci untuk kampanye penelusuran. Dengan menggunakan tools ini Anda dapat menemukan kata kunci terbaru yang sesuai atau memiliki keterkaitan dengan produk dan bisnis yang tengah Anda geluti.

Anda juga dapat melihat estimasi penelusuran yang bisa diterima dan berapa biaya untuk menargetkannya. Karena pada dasarnya tools yang di buat Google ini merupakan tools free untuk riset keyword dalam keperluan membuat iklan di Google Ads.

Sebagai salah satu fitur dari Google ads untuk menggunakannya Anda perlu mendaftar pada Google Ads terlebih dahulu. Namun Anda tetap bisa menggunakan fiturnya meskipun tidak memasang iklan disana. Salah satunya ialah memanfaatkan filter kata kunci atau keyword.

Baca Juga :   SEO Difficulty Adalah? Pemilik Website Harus Tahu

Anda juga dapat menemukan kata kunci yang paling potensial dan mempersempit jangkauan riset dengan mengatur lokasi pencarian. Selain itu Anda juga dapat mengetahui perangkat yang di gunakan pengguna dan lokasi popular dari keyword tersebut.

3. Google Search Console

Selain kedua tools Google diatas terdapat pula Google Search Console. Aplikasi SEO ini merupakan layanan gratis yang Google berikan untuk membantu Anda memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kehadiran situs milik Anda pada hasil Google Search Engine.

Kegunaan lainnya ialah untuk melakukan pengecekan index status serta meningkatkan visibility dari website yang Anda bangun. Dengan demikian website yang Anda miliki dapat memperoleh peningkatan traffic.

SEO tools free dari Google ini juga dapat membantu para pemilik website untuk mengidentifikasi performa dari website yang mereka miliki. Selain itu manfaat lainnya adalah menemukan keyword yang popular sesuai dengan bisnis Anda.

Beberapa manfaat dari Google Search Console ialah dapat mengidentifikasi halaman terpopuler, mengetahui dari mana datangnya pengunjung, mengidentifikasi perangkat pengunjung, memeriksa kompatibilitas di perangkat mobile, mencari tahu backlink, mengidentifikasi masalah keamanan dan sub,it sitemap.

Banyak sekali bukan manfaat dari tools ini. Oleh sebab itu tools ini menjadi salah satu aplikasi SEO terfavorite dan tentunya tidak membutuhkan biaya apapun. Karena tools ini merupakan layanan gratis yang Google sediakan.

4. Google Trends

Yang terakhir ada Google Trends yang dapat melakukan riset kata kunci serta hot topic yang tengah ramai di perbincangkan. Layanan dari Google ini biasa dimanfaatkan oleh para marketer untuk mencari data search engine untuk membuat konten yang dapat menarik para pengunjung.

Fitur utama dari tools ini adalah menampilkan topic terhangat yang tengah di perbincangkan, mencari keyword yang sering di pakai, dan membandingkan performa antara keyword satu dengan keyword yang lainnya.

Baca Juga :   Cara Optimasi SEO On Page dan Alasan untuk Melakukannya

Aplikasi SEO dan SEM

Tampilan dari layanan ini juga sederhana dan mudah di gunakan bagi para pemula. Layanan Ini juga tidak membutuhkan biaya ketika ingin menggunakannya alias gratis. Layanan ini akan menyajikan data terkait informasi apa saja yang dicari pada Google Search Engine.

Informasi yang dapat Anda peroleh dari Google Trend dapat di gunakan untuk memprediksi tren. Dengan demikian Anda dapat membuat konten yang menarik minat pengunjung sesuai dengan waktu dan lokasi para pengguna.

Fitur yang menarik lainnya adalah top chart. Fitur ini akan menyajikan data 100 konten yang sedang hangat di perbincangkan di Google. Anda juga dapat melihat topic yang sedang tren dari berbagai kategori.

Dengan menggunakan Google Trend juga Anda dapat memanfaatkan siklus tren untuk memposisikan produk yang Anda miliki. Misalnya seperti siklus pada musim ataupun waktu-waktu tertentu dimana pengunjung membutuhkan produk yang sesuai dengan musim tersebut.

Pentingnya Memanfaatkan Aplikasi SEO untuk Membangun Website

Dengan memanfaatkan aplikasi SEO di atas Anda bisa mengatur strategi dan menemukan ide terbaik dalam pembuatan konten. Dengan begitu Anda dapat meningkatkan traffic website dan performa website pun akan naik.

Saat traffic dan performa telah baik maka tujuan Anda mendirikan website dan tujuan marketing dari bisnis pun dapat terwujud. Karena dengan menganalisis berbagai data pengunjung, dengan berbagai jenis jenis seo Anda dapat mengetahui apa saja yang sedang di gandrungi banyak orang.

Selain itu Anda juga dapat menyesuaikan kebutuhan informasi sesuai dengan yang pengunjung butuhkan. Hal itu tentunya dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung pada website yang Anda kelola. Namun selain memanfaatkan tools di butuhkan pula kemampuan dalam membaca data dengan baik

Scroll to Top