Apa itu SEO

Apa itu SEO dan Kegunaannya dalam Meningkatkan Performa Website Anda

Apa Anda pernah mendengar pertanyaan, apa itu SEO? SEO merupakan salah satu teknik yang dapat menaikkan traffic website Anda. Penggunaan SEO saat ini terus berkembang, dengan seiringnya perkembangan mesin pencari, seperti Google.

SEO adalah sebuah cara gratis dimana semua orang dapat mempelajari dan mendapatkannya. Untuk dapat memahami SEO lebih lanjut, Anda dapat menyimak ulasan lengkap mengenai SEO dan cara kerjanya di bawah.

Apa itu SEO?

Apa yang dimaksud dengan SEO? SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah usaha yang dapat menaikkan traffic pencarian di mesin pencari, seperti Bing atau Google. Dengan SEO, makin banyak orang yang mengunjungi website Anda.

Apa itu SEO

Jenis-jenis SEO

Apa itu SEO dan contohnya? SEO memiliki beberapa jenis yang dapat dibedakan berdasarkan media yang digunakan, cara menggunakan, hingga berdasarkan keperluan bisnis. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Off-Page SEO

Optimasi dengan menggunakan off-page SEO berada di luar website yang Anda miliki. Off-page SEO juga bekerja pada mesin pencari untuk melihat kualitas dari sebuah website, sehingga mesin pencari dapat menampilkan website dengan ranking terbaik.

Ada beberapa cara untuk menggunakan off-page SEO, antara lain sebagai berikut.

● Backlink atau Link Building

Anda dapat menaruh link website Anda di tempat lain, seperti di website yang Anda ajak kerja sama untuk mempromosikannya. Banyaknya kunjungan dari website lain melalui link tersebut akan menaikkan ranking website Anda.

● Promosi Sosial Media

Sosial media saat ini sangat tinggi jumlah penggunanya, tidak menutup kemungkinan untuk menaruh link website Anda pada postingan sosial media. Fitur di Instagram story yang memungkinkan Anda untuk swipe up untuk mengarahkan pada link tertentu sangat membantu traffic website.

● Menggunakan Jasa Influencer

Tidak dapat dipungkiri, saat ini influencer memegang peranan penting dalam memasarkan suatu produk. Influencer yang berasal dari kalangan artis memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak dan juga setimpal dengan biaya jasa yang dikeluarkan. Anda dapat menggunakan jasa mereka untuk mempromosikan.

Baca Juga :   10 Rekomendasi Aplikasi SEO Off Page 2024

2. On-Page SEO

Apa itu on-page SEO? Cara ini merupakan kebalikan dari off-page SEO. Anda dapat melakukan cara ini dengan mengoptimalkan hal-hal sebagai berikut.

● Keyword

Hal pertama yang paling penting dalam Internet Marketing adalah kata kunci atau keyword. Anda dapat melakukan penelitian kata kunci yang relevan dan paling banyak dicari dengan keyword tool yang tersedia gratis maupun berbayar di internet.

Ketika Anda sudah menemukan kata kunci yang relevan dengan artikel website Anda, selanjutnya Anda dapat memasukkan ke dalam artikel. Pastikan penggunaan kata kunci senatural mungkin, dan tidak berlebihan. Hal ini akan mempengaruhi kualitas artikel website Anda.

● Judul

Anda pasti pernah melihat judul-judul yang mengandung clickbait sehingga membuat penasaran dan akhirnya mengunjungi laman tersebut. Hal ini dibuat untuk menarik perhatian orang untuk mengunjungi website Anda. Namun, lebih baik Anda tidak membuat clickbait tetapi cukup menyematkan kata kunci.

● Meta Description

Meta Description merupakan paragraf yang berisi seperti deskripsi apa yang laman website Anda tampilkan. Di mesin pencari, Anda dapat menemukannya di bawah judul artikel. Meta Description juga dapat membantu mengoptimalkan website Anda dengan menyematkan kata kunci terkait di dalamnya.

3. Technical SEO

Apa itu Technical SEO? Di dalam sebuah website, terdapat aspek-aspek teknis yang berhubungan dengan algoritma mesin pencari. Seperti kecepatan memuat halaman, apakah ramah dengan pengguna smartphone, dan bentuk dari website itu sendiri menarik atau tidak.

Technical SEO akan menempatkan website Anda di paling atas karena nilai-nilai tadi terpenuhi. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan pengguna dalam mengakses website Anda. Anda pasti tidak ingin menjelajahi laman website yang patah-patah dan sulit untuk membaca isinya.

Baca Juga :   Teknik SEO Off Page, Bikin Rangking Web Terus Naik

4. Local SEO

Local SEO berhubungan dengan daya jelajah pengguna untuk menemukan bisnis Anda. Sebagai contoh, ketika pengguna memasukkan kata kunci “spot instagramable di Jakarta” yang muncul adalah lokasi atau bisnis yang berhubungan.

Penting untuk Anda sebagai pelaku bisnis atau wirausaha membuat lokasi di Google Map. Lalu, Anda dapat membuat akun Google My Business. Lalu Anda dapat memasukkan kata kunci yang relevan dengan usaha Anda. Dengan begitu Google akan mengindeks Lokasi bisnis Anda dengan kata kunci.

Manfaat SEO

Pertanyaan apa itu SEO dan fungsinya? Sering muncul karena SEO memiliki banyak manfaat bagi website Anda. Berikut beberapa manfaat dari SEO yang dapat Anda dapatkan.

1. Membangun Branding

SEO dapat membantu Anda dalam pemgembangan bisnis atau produk Anda. SEO akan membuat orang-orang semakin mengetahui tentang produk Anda. optimasi SEO dapat mengenalkan dan membangun popularitas bisnis Anda.

2. Dapat Bersaing dengan Kompetitor

Produk Anda yang baru muncul di pasaran mungkin akan sulit untuk dikenal masyarakat. Melalui optimasi SEO, produk Anda yang baru dapat sejajar dengan produk yang sudah terkenal. Masyarakat menjadi semakin punya pilihan terhadap apa yang ingin mereka beli.

3. Riset Hasil SEO

Dengan adanya search engine optimization, hasilnya dapat Anda analisis untuk evaluasi produk Anda kedepannya. Data dapat berupa traffic website, termasuk di dalamnya berapa banyak orang yang mengunjungi website Anda, melihat produk Anda, seberapa besar pengaruh konten terhadap backlink ke website, dll.

4. Menentukan Target

Secara tidak langsung, SEO dapat menentukan target pasar bagi website atau produk Anda. Misalnya dengan kata kunci, hanya beberapa orang saja yang akan mencari kata kunci yang sudah Anda sematkan di artikel website atau Google Maps Anda.

Baca Juga :   Penjelasan Lengkap Tentang apa itu SEO dan SEM

Cara Kerja Search Engine Optimization

SEO memiliki cara kerja yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan kinerja keyword. Lalu, bagaimana SEO bekerja? Di dalam SEO, terdapat tiga tahapan pada sebuah mesin pencari, yaitu crawling, indexing, dan ranking.

1. Crawling

Sebuah mesin pencari berbasis web memiliki crawler, spiderbots, atau bots. Kegunaannya adalah untuk mencari informasi terkait halaman website Anda untuk bisa masuk ke dalam indeks mesin pencari. Crawler akan mencari satu demi satu sehingga tidak ada data yang terlewat.

2. Indexing

Setelah data informasi laman website sudah terkumpul, langkah selanjutnya adalah indexing. Penyortiran laman website menggunakan kata kunci yang tersemat pada laman tersebut. Kata kunci ini muncul berdasarkan pencarian dari pengguna pada mesin pencari.

Laman website yang sudah tersorti akan masuk ke dalam indeks mesin pencari, sehingga pengguna akan mudah menemukan artikel atau website. Meskipun pengguna hanya mengetikkan kata kunci atau keyword saja pada mesin pencari.

3. Ranking

Ranking atau urutan website pada mesin pencari sangat mempengaruhi performa website. Orang-orang pasti akan lebih tertarik pada website yang muncul paling atas daripada website di urutan bawahnya. Urutan website berdasarkan relevansi isi konten dengan kata kunci.

Faktor lain juga dapat mempengaruhi kinerja SEO dalam meningkatkan traffic Anda, seperti backlink, kualitas konten dan kesesuaiannya dengan kata kunci, serta kualitas kata kunci yang Anda sematkan di artikel website Anda disinilah peran utama para penyedia jasa seo bertugas untuk menaikan peringkat website anda agar dapat bersaing di halaman 1 Google.

Pertanyaan tentang apa itu SEO sudah terjawab. Anda dapat mengaplikasikan search engine optimization dalam bisnis atau website dengan segala keuntungan di dalamnya.

Scroll to Top